Minggu, 17 Februari 2013

Pompa 2

 Pompa
hal 2

Turbine pump
Turbine pump adalah suatu jenis Variable Vead Capacity Pump dengan menggunakan aksi sentrifugal.
Gambar 17. Turbine pump
Cara kerja Turbine pump :
Liquid masuk pada bagian pinggir dari impeller, diterma oleh vane. Casing mempunyai alur sekitar impeller. Bila liquid mengalir pada pompa, maka ia akan terlempar berulang-ulang pada groove (lekukan) untuk kemudian masuk pada vane yang berikutnya. Hal ini berjalan terus menerus sampai pada discharge. Dengan adanya pelemparan yang berulang-ulang ini, maka pada turbine pump akan dihasilkan suatu impeller (dorongan) yang berulang-ulang.
Turbine pump digunakan untuk :
-         Keperluan yang tidak terus menerus.
-         Flushing (penyemprotan), misalnya pada pemadam kebakaran.
Selain jenis-jenis pompa diatas terdapat pula jenis lainnya,salah satunya adalah :
Pompa Pancar (Jet pump)
Pompa jet dapat dipergunakan untuk menghasilkan vakum. Vakum yang dicapai pada pompa jet air kira–kira 2.5 m bar, pada jet uap (injektor) kira–kira 1 m bar dan pada jet udara kira–kira 5 sampai 10 m bar. Pompa–pompa jet dapat mengangkut cairan yang kotor atau berlumpur karena tak ada bagian–bagiannya yang bergerak. Daya maksimal, besarnya kira–kira 15 m3/jam pada tekanan operasi sebesar 4 bar.
Gambar 18. Jet pump
Cara kerja pompa pancar :
Pada A di masukkan motive–fluide, karena luas penampang masih kecil maka aliran motial fluid sangat cepat. Dalam pipa pancar terjadi pertukaran energi antara motive fluid dan fluida yang di angkat.
Pada D energi kecepatan campuran diubah menjadi tekanan, pada pompa pancar di gunakan zat cair atau gas yang lain, pompa pancaran ini tidak memiliki bagian–bagian yang bergerak sehingga pengausan sedikit terjadi dan tidak membutuhkan pemeliharaan.....................................hal3


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar