Minggu, 17 Februari 2013

Pompa 3


 Pompa
hal3
SCREW PUMP
Pompa screw digunakan untuk menangani cairan yang yang mempunyai viskositas tinggi, heterogen, sensitive terhadap geseran dan cairan yang mudah berbusa. Prinsip kerja pompa screw ditemukan oleh seorang engineer perancis bernama Rene Moineau, sehingga sering disebut dengan Moineau Pump, pada tahun 30-an dan terus dikembangkan hingga sekarang.


Pompa Moineau terdiri atas sebuah helical metallic rotor yang berputar didalam elastic helical stator. Rotor terbuat dari hardened steel yang dikerjakan secara sangat presisi, sedangkan stator terbuat dari injection-moulded elastomer yang tahan abrasi. Bentuk dan dimensi dari kedua bagian ini didesain sedemikian rupa sehingga terbentuk rangkaian ganda ruangan yang tersegel (rongga) ketika rotor bekerja pada stator. Rongga tersebut berjalan secara axial dari bagian inlet ke bagian outlet pompa sambil membawa cairan.
Pompa sekrup ini mempunyai satu, dua, tiga sekrup yang berputar dalam rumah pompa yang diam. Tersedia Sebagian besar desain yang di gunakan untuk berbagai penggunaannya.
Pompa sekrup tunggal mempunyai rotor spiral yang berputar di dalam sebuah stator atau lapisan (linier) heliks-dalam (internal-helix-stator). Rotor terbuat dari logam sedangkan heliks terbuat dari karet keras atau lunak, tergantung pada cairan yang dipompakan.
Pompa dua-sekrup atau tiga sekrup masing-masing mempunyai satu atau dua sekrup bebas (idler). Aliran melalui ulir-ulir sekrup, sepanjang sumbu sekrup, sekrup-sekrup yang berlawanan dapat dipakai untuk meniadakan dorongan aksial pada pompa.


SINGLE SCREW PUMP



Pompa ini mempunyai Kinerja yang cukup baik untuk formal dan viskositas tinggi. Dalam kapasitas yang stabil, aplikasi penggunaan yang baik  sebagai pemindah pasokan air, limbah, lumpur. Hal ini sesuai dengan spesifikasi yang luas yang sesuai untuk penggunaannya.
Kegunaan Single Screw Pump.
Daya Hisap Tinggi sampai dengan 8,5m dan self primingnya kuat. bisa menangani benda padat berisi cairan (Max. 50mmφ), serat flock dan sebagainya tanpa merusak benda tersebut. Seperti pompa perpindahan positif, kapasitas berbanding lurus dengan kecepatan tanpa dipengaruhi oleh tekanan pengiriman. Pompa ini bekerja tanpa denyutan atau turbulens. Hal ini dapat menangani viskositas tinggi dan kepadatan cair. 200.000 ps  merupakan viskositas maksimum dan dengan kandungan air 50% tetapi tergantung pada materialnya. bantalan ditempatkan eksternal, agar cairan tidak terkontaminasi. Arah aliran fluida dapat diubah. Konstruksi sederhana dengan beberapa bagian. Beragam bahan dari bagian komponen memungkinkan untuk menangani semua jenis cairan, seperti benda yang mempunyai korosif yang tinggi. Seperti penyegelan diatur pada sisi isap.


TWIN SCREW PUMP
 

Pompa sekrup Twin (screw ganda) menjamin operasi yang handal dan usia pakai yang panjang karena melalui pompa jenis perpindahan positif, namun elemen berputar tidak menghubungi satu sama lain dalam cair dan tidak memiliki bahaya dengan tongkat. Dan sekrup memungkinkan untuk setiap kombinasi pasangan sekrup sesuai dengan arah putaran yang diperlukan dan arah debit pada poros standar. Selanjutnya, konstruksi ini memungkinkan setiap kombinasi matrial. Kegunaannya untuk semua cairan baik visckositas rendah maupun viskositas tinggi
Kelebihan:
·         Netral atau agresif
·         Untuk semua jenis cairan
·         Tidak ada  aliran berdenyut
·         High suctio
·         Tidak ada kontak antara elemen berputar.



THREE SPINDLE SCREW PUMP


Pompa ini memiliki keunggulan seperti efisiensi operasional yang tinggi, cara kerja yang baik dan kuat. Pompa ini diterapkan untuk pemindahan minyak karena tekanan dan efisiensi yang tinggi, untuk Volume besar minyak pelumas dan bahan bakar minyak pengalihan karena kapasitas besar, efisiensi maksimal dan tinggi, untuk pengumpanan minyak pelumas untuk pompa turbin dan air, dengan tersedianya kopling langsung dan beroperasi dalam kecepatan tinggi. Konstruksi sederhana, hanya satu rotor yang berputar dan  dua rotor diam.
Cara Kerja Screw Pump.


Pada pompa ulir, zat cair masuk pada lubang isap, kemudian akan ditekan di ulir yang mempunyai bentuk khusus. Dengan bentuk ulir tersebut, zat cair akan masuk di ruang antara ulir-ulir, ketika ulir berputar, zat cair terdorong ke arah kanan kemudian keluar pada lubang buang.         
Oleh gerak putar poros ulir zat cair mengalir dalam arah aksial. Pompa jenis ini hanya dapat digunakan untuk tekanan pada saluran kempa lebih rendah dari tekanan pada saluran isap dan bila zat cair yang dipompa mempunyai kekentalan tinggi. Pada keadaan kering pompa ini tidak dapat mengisap sendiri, sehingga sebelum digunakan pompa ini harus terisi cairan yang akan dipompa (dipancing).

Kegunaan Screw Pump

 Sama halnya dengan pompa roda gigi, pompa ulir ini cocok untuk memompa zat cair yang bersih dan mempunyai sifat pelumasan yang baik.
 Secara umum pompa rotary mempunyai kecepatan aliran volum yang konstan asal kecepatan putarannya dapat dipertahankan tetap. Selain itu alirannya lebih teratur (tidak terlalu pulsatif). Hal ini sangat berbeda dengan pompa reprocating (bandingkanlah setelah pembahasan pompa reprocating). Pompa rotary cocok untuk operasi pada kisaran tekanan sedang dan untuk kisaran kapasitas dari kecil sampai sedang (lihat gambar pemilihan jenis pompa berdasarkan karanteristiknya)
Kelebihan Dari Screw Pump :
·         Efisiensinya totalnya  tinggi (70 %  –  80%)
  • Kemampuan hisap tinggi
  • Self priming
  • Aliran konstan dan lancar
  • Akurasi volume transfer sangat tinggi, hal ini disebabkan oleh karakteristik pompa dimana kapasitas alir (flow) tidak tergantung dari pressure yang dihasilkan tetapi dari kecepatan putaran pompa.
  • Effisiensi tinggi
  • Stabilitas tekanan sangat bagus
  • Mudah ditangani cairan yang viskos dan abrasive
  • Mampu untuk mentransfer cairan yang multiphase
  • Desain sederhana
  • Pompa dapat beroperasi tanpa valve
  • Arah aliran dapat dibalik (suction-discharge dapat ditukar, tergantung arah putaran pompa).
·         Ukuran pompa relatif kecil, ringan karena rotor dapat bekerja pada putaran tinggi.
·         Getarannya relatif kecil
·         Kapasitas isapnya baik sekali
·         Dapat beroperasi dalam berbagai posisi, horizontal, vertikal, miring.
Kekurangan Screw Pump:
  • Relative lebih mahal karena desainnya perlu ketelitian dan kepresisian serta toleransi yang tinggi
  • Karakteristik perfotmance sensitive terhadap perubahan viskositas
  • Untuk tekanan tinggi memerlukan element pompa yang panjang.
  • Desain dilengkapi dengan sebuah screw pemaksa dan gurdi (bor)
  • Aplikasi utamanya untuk mentransfer cairan yang kental, heterogen, sensitive terhadap gesekan serta mudah menibulkan busa dengan viskositas sampai dengan 1000000 cps.
  • Dilengkapi dengan hopper dengan panjang hingga 3 m

Hal Yang Harus Di Perhatikan Saat Memilih Pompa Screw
Pertama, pemilihan kecepatan sekrup
Screw pompa aliran dan kecepatan ke dalam hubungan linear antara sekrup relatif terhadap kecepatan rendah dan kecepatan tinggi dapat meningkatkan sekrup meskipun aliran dan kepala, tapi daya meningkat, akselerasi kecepatan tinggi antara rotor dan stator pakai, kegagalan dini akan membuat sekrup, dan kecepatan tinggi pompa sekrup panjang rotor sangat singkat, mudah pakai, jadi dapat mempersingkat kehidupan pompa sekrup. 
Stepless kecepatan peredam, atau oleh badan-badan untuk mengurangi kecepatan, kecepatan survei giliran tiga ratus per menit untuk menjaga berikut dalam rentang yang lebih masuk akal, dibandingkan dengan pompa sekrup kecepatan tinggi, hidup dapat diperpanjang beberapa kali. 
Kedua, kualitas sekrup
Sekrup di pasar saat ini lebih banyak jenis perbandingan, impor dari desain pompa sekrup adalah wajar, bahan baik, tapi harga tinggi, layanan, dan ada juga yang tidak pada tempatnya, aksesoris, harga tinggi, panjang rangka siklus, dapat mempengaruhi produksi pengoperasian normal. Sebagian besar produksi dalam negeri produk generik impor, kualitas produk sangat bervariasi, dalam pemilihan produk dalam negeri, dengan mempertimbangkan biaya mereka ketika pemilihan kecepatan rendah, yang lama, mengemudi jumlah komponen bahan halus, peringkat produk umur yang panjang. 
Ketiga, untuk memastikan puing-puing yang tidak masuk pompa
Basah lumpur akan dicampur dengan sekrup kerusakan pompa karet puing-puing yang solid untuk stator, sehingga membuat puing yakin tidak memasuki ruang pompa sangat penting, banyak limbah pengolahan sebelum instalasi pompa penggiling, dan beberapa kisi perangkat atau filter yang dipasang untuk menghalangi puing-puing ke pompa, grid harus dibersihkan pada waktunya untuk menghindari penyumbatan memancing. 
Keempat, untuk menghindari melanggar materi
Sekrup harus tidak diperbolehkan dalam kasus blanking operasi, setelah terjadinya gesekan kering antara stator karet, dan langsung menghasilkan panas dan membakar, sehingga pabrik dalam kondisi baik, sekrup aliran kisi adalah kondisi yang diperlukan untuk operasi normal Untuk tujuan ini, beberapa masih dalam tubuh pompa sekrup down time dan material untuk menginstal perangkat, diharapkan ketika ada off, karena ia memiliki fungsi sekrup pompa priming diri dari karakteristik akan menghasilkan ruang vakum, vakum pompa sekrup akan berhenti operasi.
Kelima, menjaga tekanan konstan outlet
pompa Screw adalah Pompa displacement positif berputar, ketika penundaan keluar setelah tekanan secara bertahap akan meningkat, sehingga tekanan melebihi nilai yang telah ditentukan. Pada titik ini beban motor meningkat secara dramatis. bagian mesin Transmisi terkait beban akan melebihi nilai desain, dan dalam membakar listrik parah terjadi, bagian transmisi istirahat. Untuk menghindari kerusakan pada pompa sekrup, biasanya dipasang di bypass pompa sekrup katup outlet, tekanan outlet untuk menstabilkan dan menjaga operasi normal pompa.
pompa sekrup cocok untuk tekanan tinggi (3000 psi), Mereka digunakan pada kapal dimana sistem hidrolik tekanan tetap akan melalui seluruh kapal, terutama untuk kontrol katup bola, tetapi juga untuk perangkat kemudi danmembantu sistem penggerak. Keuntungan dari pompa sekrup adalah tingkat suara yang rendah dari pompa, efisiensi tidak begitu tinggi.
Screw tersedia dalam beberapa desain yang berbeda, namun mereka semua beroperasi dalam cara yang sama. Dalam perpindahan-tetap pompa ulir putar-tipe (gbr. 4-8, view), cairan didorong aksial


Sebuah contoh yang baik dari pompa sekrup adalah sekrup Archimedes pompa yang masih digunakan dalam aplikasi irigasi dan pertanian. Pompa Screw membawa cairan antara Ulir sekrup pada satu atau lebih rotor. Screw pompa pompa perpindahan rotary positif yang dapat memiliki satu atau lebih sekrup untuk mentransfer cairan viskositas tinggi atau rendah dan aplikasi mereka tidak terbatas pada pertanian. Screw pompa juga dapat dilihat di stasiun angkat limbah baku, stasiun pabrik limbah angkat, aplikasi tanah drainase dan stormwater serta aplikasi lain yang dapat mempertimbangkan cairan berputar dapat diterima



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar