Selasa, 26 Februari 2013

MANAJEMEN PERAWATAN DAN PERBAIKAN



ATT III              MANAJEMEN PERAWATAN DAN PERBAIKAN

1.Jelaskanapa yang dimaksud dengan pemeliharaan berencana ( Plannedmaintanance )  

Jawab :Pemeliharaan berencana ( Planned maintenance ) adalah pekerjaanperawatan yang harus direncanakan sejauh mungkin denganmempertimbangkanketerbatasanpengoprasian ( Polaperdagangan,ketersediaan suku cadang, awak kapal )


2.Jelaskan dengan lengkap apa yang dimaksud dengan “pemeliharaanInsidentil” (Breakdown maintenance) 

Jawab :Pemeliharaan Insidental yaitu pelaksanaan pekerjaan sesuai denganperawatan rutin didasarkan waktu pengoprasian (jam kerja) dari pesawat –pesawat yang di perbaiki


.3.Dalam rangka perawatan kita mengenal dan melaksanakan :

 -Tanggung jawab perawatan

-Organisasi

-Program kerja dan pengaturannya

-Pendanaan dan pembukuan.

Jelaskan pengertian masing – masing Komponen tersebut diatas dalamkerangka program perawatan tersebut.
Jawab :

 -Tanggung jawab perawatan adalah kewajiban mengenai jangka waktuperawatan yang akan di lakukan secara periodic mengenai hal – hal yangakan dikerjakan.

-Organisasi adalah Struktur atau bagian – bagian dari suatu pembagiantugas dan tanggung jawab penggalangan.

-Program kerja dan pengaturannya yaitu salah satu bentuk kegiatan gunamemberikan pedoman dan arahan dalam pelaksanaan pekerjaan yang akandilakukan sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan ter arah.

-Pendanaan dan pembukuan adalah salah satu bentuk kegiatan daristruktur ekonomi mengenai perhitungan biaya –biaya sekaligus pencatatan /pelaporan atas biaya yang telah dikeluarkan.

4.Jelaskan penerapan fungsi management “ Pleanning” dalam tugas – tugasdikamar mesin

-Fungsi management pleanning dalam tugas di kamar mesin adalah suatucara mengkoordinir berbagai kegiatan dan sumber daya di kamar mesinuntuk mencapai tujuan yang di tentukan.

5.Bila pekerjaan yang akan dilaksanakan galangan kapal telah diseleksidengan teliti maka tiba waktunya menulis spesifikasi kepada galanganagar membuat suatu tender.Apa yang dimaksud dengan spesifikasi dan hal apa saja yang terjadi bilapembuatan spesifikasi tidak baik ( bagi pemilik kapal dan galangan) 
Jawab :

-Spesifikasi adalah merupakan dasar kontrak perbaikan kapal antarapemilik kapal dengan galangan meliputi baik waktu maupun penawaranharga dan tarif.

-Hal – hal yang terjadi bila pembuatan spesifikasi tidak baik :
-
Bagi pemilik kapal
;akan menimbulkan biaya yang lebihtinggi dari perkiraan semula dan waktu akan lebih lama digalangan.
-
Bagi galangan
; akan mengakibatkan pembatalan pekerjaan – pekerjaanlainnya yang telah disetujui, serta perubahan jadwal perbaikan



   
1.Dalam struktur organisasi manajemen perawatan, fungsi manajemen antaralain di sebutkan peran dan keterlibatan pejabat pejabat structural terkait. Jelaskan organisasi perawatan kapal yang terkait dengan tanggung jawabnyamasing – masing. Jawab :
Manajer armada : 
Bertanggung jawab untuk memelihara agar kapal laik laut, dan kelengkapanawak kapal serta siap berlayar dilaut untuk menerima muatan. 
Merencanakan anggaran belanja untuk pemeliharaan dan perawatan sertaharus bekerja sama dengan manajemen kapal, misalnya nakhoda dan kepala– kepala bagian.
Nakhoda : 
Bertanggung jawab untuk menjamin kelayak lautan kapal,

Menjagamuatan dikapal
.

Menjamin bahwa perawatan yang dilaksanakan sesuai dengan rencana dananggaran belanja.
2.Gambarkan sketsa dari piramida imformasi dalam tugas sebagaimanaditerapkan pada fungsi manajemen armada. Jawab :Sketsa piramida imformasi pada fungsi manajemen armada.


3.Sebutkan 3 ( Tiga ) konvensi IMO yang berkaitan dengan oprasi kapal danuraikan bagaimana hubungannya dengan perawatan


 Jawab :
a.SOLAS 1974 Amanmend 1978 /1981 dan 1983.
b.Marine Pollution 1973, Protocol 1978.
c.STCW 1978 / 1995 /2002.
Konvensi internasional atas keselamatan jiwa di laut ( Solas ) tahun 1974dengan amandemen – amandemen 1978,1981 dan 1983. Suatu kapal dimanapermesinannya tidak berfungsi secara baik atau pelat lambung kapal sangatberkarat dan tidak dapat di perbaharui sertifikatnya, sehingga ada beberapapersyaratan yang di arahkan terhadap type dan luasnya pemeliharaan yangharus di lasanakan di atas suatu kapal. Persyaratan ini secara tak langsungdilakukan melalui survey dan pembaharuan sertifikat.

4.Melalui perawatan, kita ingin mengendalikan atau memperlambat tingkatkemerosotan kapal yang biasanya dilaksanakan beberapa motivasi. Dalamkasus suatu kapal, kita mempunyai lima pertimbangan – pertimbangan dasar,sebutkan pertimbanan – pertimbangan tersebut. 

Jawab :
a.Pemilik kapal berkewajiban atas keselamatan dan kelaik lautan kapal.
b.Mempertahankan nilai modal dengan cara memperpanjang umurekonomis,serta meningkatkan nilai jualsebagai kapal bekas.
c.Mempertahankan kinerja kapal sebagai sarana angkutan denanmeningkatkan kemampuan dan efesiensi kapal.
d.Memperhatikan efesiensi Biaya – biaya oprasi kapal yang harusdiperhitungkan.e.Pengaruh lingkungan di kapal terhadap awak kapal dan kinerjanya.


5.Berkaitan dengan keliklautan sebuah kapal harus dilakukan pemeriksaan(Survey) oleh badan yang berwewenang Sebutkan macam – macam surveyyang di wajibkan dan sebutkan badan – badan survey yang diakui dunia. 
Jawab : 

 Jenis – jenis survey yang di wajibkan
;a.Hull survey dapat dilaksanakan sambil berlayar ( Surveyor on board )
b.Continuous machinery survey. 5 Tahun Oleh KKM disetujui Biro Klasifikasi.
c.Bottom survey .5 Tahund.Under water survey. 21/2Tahun
e.Machinery survey. ( Pemantauan kondisi )
f.Running test ( Cukup untuk mensurvey sejumlah komponen )

Badan – badan survey yang diakui dunia
;a.Amerikan Bureau of Shipping ( ABS ) Berpusat di New York ( Amerika Serikat )
b.Lloid Register of Shipping ( LRS) Berpusat di London ( Inggris )
c.Germanischer Lloyd ( GL ) Berpusat di Hamburg ( Jerman )
d.Det Norske Veritas ( DNV ) Berpusat di Oslo ( Norwegia )
e.Bureau Veritas ( BV ) Berpusat di Paris ( Perancis )
f.Registro Italiano Navale ( RI ) Berpusat di Roma ( Italia )
g.Noppon Taikoku Kaiji Kyokai ( NK ) Berpusat di Tokyo ( Jepang )


 
1.Dengan system administrasi yang baik maka perencanaan pemeliharaansuatu instalasi pesawat – pesawat di kapal akan meningkatkan tingkatkeselamatan, salah satu system yang di kenal adalah system TSAR jelaskan. 

Jawab :
System TSAR Telah dikembangkan oleh THE SHIP RESEARCH INSTITUTE OFNORWAY (Lembaga penelitian perkapalan Norway) bekrja sama denganindustry perkapalan.
 Nama TSAR merupakan singkatan dari TIMEREGISTERING SYSTEMATIK VEDLIKE HOLD ARKIVERING & RESERVEDELER. Yang berarti catatan kerja systematic perawatan, kearsipan, dan system sukucadang. System ini telah di perkenalkan pada industry perkapalan sejaktahun 1971, dan sejak itu telah dipergunakan secara luas dalam industryperkapalan dan lepas pantai.

2.a.Apa tujuan utama kegiatan perawatan?
Jelaskan.
 b.
Apa yang dimaksud dengan manajemen perawatan
?
Jelaskan. 
32Jawab :
a.Tujuan utama kegiatan perawatan adalah untuk mencegah terjadinyakerusakan, pesawat – pesawat sehingga menghasilkan alat pengelola( Peralatan ) yang lebih baik agar kapal tetap mempunyai tingkat efisiensidan kehandalan yang tinggi.
b.Manajemen perawatan adalah suatu cara pengaturan perawatan kapalsehingga dapat menghasilkan suatu alat pengelola yang lebih baik dalammeningkatkan keselamatan para awak kapal dan peralatannya.

3.Sebuah kapal yang akan menjalani docking perlu mempersiapkan danmerencanakan tender docking dan reparasi. Jelaskan secara singkat apa sajaisi dari tender docking dan reparasi tersebut.
?
 Jawab :
General particulars.
General condition
Standar price
General service
Specification of work

 
Lampiran :
Docking plant
4.Apakah yang di maksud dengan perusahaan pelayaran yang menjalankantransportasi laut.?

 jawab
:Perusahaan pelayaran yang menjalankan transportasi laut adalah :

Badan usaha atau bisnis untuk mendapatkan profit
Secara ekonomis harus mampu menunjang kebutuhan sendiri
Bisnis utamanya adalah industri jasa
Selalu melibatkan sarana angkutan laut
Usaha yang memiliki tingkat spesialisasi tinggi
Sangat tergantung pada jenis pengalaman tertentu
Investasi bernilai tinggi bagi setiap orang yang terlibat
5.a.Jelaskan fungsi – fungsi manajemen menurut George R Terry.
c.Berikan contoh dalam pelaksanaan tugas di kamar mesin pada tiapfungsi manajemen tersebut di atas.
 Jawab :a.Fungsi – fungsi manajemen menurut George R Terry.
Planning
adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapaisuatu hal yang diinginkan.
Organizing
adalah pengelompokan kegiatan yang di perlukan yaknipenetapan susunan organisasi serta tugas dan fungsi fungsi dari setiap unityang ada dalam organisasi serta menetapkan kedudukan dan sifat hubunganmasing – masing unit tersebut.
Actuating
adalah kegiatan yang perlu dilakukan oleh bawahanuntukmelakukan kegiatan kegiatan didalam berorganisasi.
Controlling
adalah Suatu fungsi manajemen yang berupamengadakan penilaian dan sekaligus bila perlu mengadakan koreksi sehinggaapa yang sedang dilakukan bawahan dapat diarahkan kejalan yang benardengan maksud mencapai tujuan yang sudah di gariskan semula.b.Contoh dalam pelaksanaan tugas dikamar mesin pada tiap fungsi manajemendiatas.
Planning ;
Sebelum melakukan suatu kegiatan perawatan terlebih dahulu di buatkerangka rencana kerja ( Working plan ) seperti jika akan mencabut pistonmesin induk sebelum kapal tiba di pelabuhan sudah di buat rencanakerjanya.
Organizing ;
Menyusun / menunjuk siapa saja yang akan mengerjakan ( Team Work )pekerjaan yang telah di rencanakan diatas.
Actuating ;
Memberi arahan atau menjelaskan pekerjaan yang akan di kerjakan dan carapengerjaanya.
Controlling ;
 
Mengawasi dan sekaligus memimpin jalannya pekerjaan yang sedang dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam pekerjaan.



1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan ;
a.Perawatan pencegahan.
b.Perawatan koreksi.
c.Perawatan prediksi.

 Jawab :
a.
perawatan pencegahan
adalah kegiatan berulang – ulang agar alatproduksi dapat berfungsi dengan efisien dan ekonomis sesuai denganspesifikasi dan kemampuan awal dengan biaya operasi dan perawatanserendah – rendahnya.
 b.
Perawatan koreksi
adalah studi dari krusakan yang berulang – ulang atasalat produksi untuk menentukan sebab dan upaya agar kerusakan tidakterulang lagi.
c.
Perawatan prediksi
adalah kegiatan pemantauan alat produksi dengansensor mikroprosesor yang dapat mendeteksi gejala kerusakan secara dini.
2 . Cara pemesanan suku cadang dari atas kapal ada 2 ( Dua ) macam cara.
Sebutkan kedua macam cara tersebut dan jelaskan. 
Jawab :
a.Permintaan dikirim keperusahaan dengan prosedur mengisi formulirpermintaan / pesanan pembelian, yang dibuat oleh nakhoda / kepala kamarmesin / mualim
I. Dalam salinan 4 rangkap yang didistribusikan ke :

Asli ke pemasok
Salinan keperusaahan pelayaran

Salinan dikapal yang disimpan sementara di file “Sedang dipesan”sesudah menerima suku cadang salinan ini dikirim keperusahaan.

Salinan arsip kapal.

b.Telegram atau telex keperusahaan. Formulir pesanan / pembelian akan diisioleh perusahaan. Jika suku cadang sudah dipakai dan mencapai titik pesanansehubungan dengan perbaikan atau perawatan segera disiapkan permintaanpembeliannya Nomor kode dan nomor suku cadang ,sedangkan nomor sukucadang maupun jumlah yang dibutuhkan dituliskan dalam formulir yang ada.
 Mengawasi dan sekaligus memimpin jalannya pekerjaan yang sedang dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam pekerjaan.



1 komentar:

  1. ada kenalan welder / tukang las dengan sertifikat abs / gl / lrs/ nk/ ri gk pak?

    BalasHapus