Sabtu, 16 Februari 2013

BANK SOAL-SOAL TEKNIKA



BANK SOAL-SOAL TEKNIKA
1.       Sebutkan 5 langkah /tahapan prosedur kerja mengelas dengan las acytelin yang benar!
2.        jenis jenis mesin yang terdapat di sebuah kapal dibagi atas 3 kelompok .Sebutkan!
3.       Prinsip kerja mesin penggerak utama kapal dikenal dengan cara kerja mesin 4 tak,sebutkan langkah langkah kerja mesin 4 tak
4.       Apakah nama pompa sebagai salah satu pesawat bantu dikapal yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan air tawar bagi air pendingin mesin mesin dikapal,serta kebutuhan lainnya seperti dapur,kamar mandi,wc,dsb!
5.       Sebutkan 5 diantara pompa sebagai alat bantu kapal yang berfungsi sebagai sarana penunjang pokok dalam pengoperasian kapal!
6.       Sebutkan tahapan tahapan yang dilakukan untuk perawatan mesin mesin DEK!
7.       Pada saat mesin akan dihidupkan,saluran pipa yang berhubungan dengan tekanan botol angin telah dibuka.namun setelah dibuka poros engkol /mesin tidak mampu berputar kemungkinan penyebab poros engkol tidak berputar dan mesin tidak bisa hidup adalah…………
8.       Sebutkan nama pompa yang berfungsi untuk membuang  air berminyak(oily water) yang ada digot kamar mesin yang dilengkapi dengan unit separator air berminyak agar cairan yang dibuang kelaut tidak mengandung minyak lebih dari 15 ppm!
9.       Sebutkan fungsi pompa ballast agar nilai GM nya tetap positip,terutama sewaktu kapal dalam pelayaran tanpa muatan!
10.   Dalam teknik perawatan suatu alat permesinan agar mesin dan peralatannya paling tidak mencapai umur ekonomis dan menghindari kemacetan serta kerusakan sekecil mungkin dikenal ada3 jenis pemeliharaan,sebutkan dan jelaskan masing-masing jenis pemeliharaan permesinan tersebut!
11.   Kebocoran pada katup buang/isap yang terdapat pada mesin diesel 4 tak dapat diketahui melalui?
12.   Pelaksanaan tugas jaga diatas kapal bagian mesin diatur berdasarkan STCW 1978 Amandemen 1995 BAB VIII yang mengatur hal hal yang diperlukan oleh awak kapal selama tugas di pelabuhan maupun dilaut,sebutkan syarat pengganti tugas jaga!
13.   Berikan contoh bagian bagian dari dinas jaga mesin berdasarkan jam  jaganya!
                                                                                   
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar