ATT
III MANAJEMEN PERAWATAN DAN
PERBAIKAN
1.Jelaskanapa
yang dimaksud dengan pemeliharaan berencana ( Plannedmaintanance
)
Jawab :Pemeliharaan berencana ( Planned maintenance )
adalah pekerjaanperawatan yang harus
direncanakan sejauh mungkin denganmempertimbangkanketerbatasanpengoprasian
( Polaperdagangan,ketersediaan suku cadang, awak kapal )
2.Jelaskan
dengan lengkap apa yang dimaksud dengan “pemeliharaanInsidentil”
(Breakdown maintenance)
Jawab :Pemeliharaan Insidental yaitu pelaksanaan pekerjaan
sesuai denganperawatan rutin
didasarkan waktu pengoprasian (jam kerja) dari pesawat –pesawat yang di
perbaiki
.3.Dalam rangka perawatan kita mengenal dan
melaksanakan :
-Tanggung jawab
perawatan
-Organisasi
-Program kerja dan
pengaturannya
-Pendanaan dan
pembukuan.
Jelaskan
pengertian masing – masing Komponen tersebut diatas dalamkerangka program
perawatan tersebut.
Jawab :
-Tanggung
jawab perawatan adalah kewajiban mengenai jangka waktuperawatan yang akan di
lakukan secara periodic mengenai hal – hal yangakan dikerjakan.
-Organisasi
adalah Struktur atau bagian – bagian dari suatu pembagiantugas dan tanggung
jawab penggalangan.
-Program
kerja dan pengaturannya yaitu salah satu bentuk kegiatan gunamemberikan pedoman
dan arahan dalam pelaksanaan pekerjaan yang akandilakukan sehingga pekerjaan dapat
dilakukan dengan ter arah.
-Pendanaan
dan pembukuan adalah salah satu bentuk kegiatan daristruktur ekonomi
mengenai perhitungan biaya –biaya sekaligus pencatatan /pelaporan atas biaya
yang telah dikeluarkan.
4.Jelaskan
penerapan fungsi management “ Pleanning” dalam tugas – tugasdikamar mesin
-Fungsi
management pleanning dalam tugas di kamar mesin adalah suatucara mengkoordinir
berbagai kegiatan dan sumber daya di kamar mesinuntuk mencapai tujuan yang di tentukan.
5.Bila
pekerjaan yang akan dilaksanakan galangan kapal telah diseleksidengan teliti maka
tiba waktunya menulis spesifikasi kepada galanganagar membuat suatu tender.Apa yang dimaksud dengan spesifikasi dan hal apa
saja yang terjadi bilapembuatan spesifikasi tidak baik ( bagi pemilik
kapal dan galangan)
Jawab :
-Spesifikasi
adalah merupakan dasar kontrak perbaikan kapal antarapemilik kapal dengan
galangan meliputi baik waktu maupun penawaranharga dan tarif.
-Hal – hal yang
terjadi bila pembuatan spesifikasi tidak baik :
-
Bagi pemilik kapal
;akan
menimbulkan biaya yang lebihtinggi dari perkiraan semula dan waktu akan lebih
lama digalangan.
-
Bagi galangan
;
akan mengakibatkan pembatalan pekerjaan – pekerjaanlainnya yang telah
disetujui, serta perubahan jadwal perbaikan
1.Dalam
struktur organisasi manajemen perawatan, fungsi manajemen antaralain
di sebutkan peran dan keterlibatan pejabat pejabat structural terkait. Jelaskan
organisasi perawatan kapal yang terkait dengan tanggung jawabnyamasing –
masing. Jawab :
•
Manajer armada :
→
Bertanggung jawab
untuk memelihara agar kapal laik laut, dan kelengkapanawak kapal serta siap
berlayar dilaut untuk menerima muatan.
→
Merencanakan
anggaran belanja untuk pemeliharaan dan perawatan sertaharus bekerja sama
dengan manajemen kapal, misalnya nakhoda dan kepala– kepala bagian.
•
Nakhoda :
→
Bertanggung jawab
untuk menjamin kelayak lautan kapal,
Menjagamuatan dikapal
.
→
Menjamin
bahwa perawatan yang dilaksanakan sesuai dengan rencana dananggaran belanja.
2.Gambarkan
sketsa dari piramida imformasi dalam tugas sebagaimanaditerapkan pada
fungsi manajemen armada. Jawab :Sketsa piramida imformasi pada fungsi
manajemen armada.
3.Sebutkan
3 ( Tiga ) konvensi IMO yang berkaitan dengan oprasi kapal danuraikan bagaimana
hubungannya dengan perawatan
Jawab :
a.SOLAS
1974 Amanmend 1978 /1981 dan 1983.
b.Marine
Pollution 1973, Protocol 1978.
c.STCW
1978 / 1995 /2002.
Konvensi
internasional atas keselamatan jiwa di laut ( Solas ) tahun 1974dengan amandemen –
amandemen 1978,1981 dan 1983. Suatu kapal dimanapermesinannya tidak berfungsi
secara baik atau pelat lambung kapal sangatberkarat dan tidak dapat di
perbaharui sertifikatnya, sehingga ada beberapapersyaratan yang di arahkan terhadap type dan luasnya pemeliharaan
yangharus di lasanakan di atas suatu kapal. Persyaratan ini secara tak langsungdilakukan
melalui survey dan pembaharuan sertifikat.
4.Melalui
perawatan, kita ingin mengendalikan atau memperlambat tingkatkemerosotan
kapal yang biasanya dilaksanakan beberapa motivasi. Dalamkasus suatu kapal,
kita mempunyai lima pertimbangan – pertimbangan dasar,sebutkan pertimbanan –
pertimbangan tersebut.
Jawab :
a.Pemilik
kapal berkewajiban atas keselamatan dan kelaik lautan kapal.
b.Mempertahankan
nilai modal dengan cara memperpanjang umurekonomis,serta meningkatkan nilai
jualsebagai kapal bekas.
c.Mempertahankan
kinerja kapal sebagai sarana angkutan denanmeningkatkan kemampuan dan efesiensi
kapal.
d.Memperhatikan
efesiensi Biaya – biaya oprasi kapal yang harusdiperhitungkan.e.Pengaruh lingkungan di kapal terhadap awak kapal dan kinerjanya.
5.Berkaitan
dengan keliklautan sebuah kapal harus dilakukan pemeriksaan(Survey)
oleh badan yang berwewenang Sebutkan macam – macam surveyyang di wajibkan dan
sebutkan badan – badan survey yang diakui dunia.
Jawab :
Jenis – jenis
survey yang di wajibkan
;a.Hull survey dapat dilaksanakan sambil berlayar (
Surveyor on board )
b.Continuous
machinery survey. 5 Tahun Oleh KKM disetujui Biro Klasifikasi.
c.Bottom
survey .5 Tahund.Under water survey. 21/2Tahun
e.Machinery
survey. ( Pemantauan kondisi )
f.Running
test ( Cukup untuk mensurvey sejumlah komponen )
Badan – badan survey
yang diakui dunia
;a.Amerikan Bureau of Shipping ( ABS ) Berpusat di
New York ( Amerika Serikat )
b.Lloid
Register of Shipping ( LRS) Berpusat di London ( Inggris )
c.Germanischer
Lloyd ( GL ) Berpusat di Hamburg ( Jerman )
d.Det
Norske Veritas ( DNV ) Berpusat di Oslo ( Norwegia )
e.Bureau
Veritas ( BV ) Berpusat di Paris ( Perancis )
f.Registro
Italiano Navale ( RI ) Berpusat di Roma ( Italia )
g.Noppon
Taikoku Kaiji Kyokai ( NK ) Berpusat di Tokyo ( Jepang )
1.Dengan
system administrasi yang baik maka perencanaan pemeliharaansuatu
instalasi pesawat – pesawat di kapal akan meningkatkan tingkatkeselamatan, salah
satu system yang di kenal adalah system TSAR jelaskan.
Jawab :
System
TSAR Telah dikembangkan oleh THE SHIP RESEARCH INSTITUTE OFNORWAY
(Lembaga penelitian perkapalan Norway) bekrja sama denganindustry
perkapalan.
Nama TSAR merupakan singkatan dari TIMEREGISTERING
SYSTEMATIK VEDLIKE HOLD ARKIVERING & RESERVEDELER. Yang berarti
catatan kerja systematic perawatan, kearsipan, dan system sukucadang. System ini telah di perkenalkan pada industry
perkapalan sejaktahun 1971, dan sejak itu telah dipergunakan secara luas dalam
industryperkapalan dan lepas pantai.
2.a.Apa
tujuan utama kegiatan perawatan?
Jelaskan.
b.
Apa yang dimaksud
dengan manajemen perawatan
?
Jelaskan.
32Jawab :
a.Tujuan
utama kegiatan perawatan adalah untuk mencegah terjadinyakerusakan,
pesawat – pesawat sehingga menghasilkan alat pengelola(
Peralatan ) yang lebih baik agar kapal tetap mempunyai tingkat efisiensidan kehandalan yang
tinggi.
b.Manajemen
perawatan adalah suatu cara pengaturan perawatan kapalsehingga
dapat menghasilkan suatu alat pengelola yang lebih baik dalammeningkatkan
keselamatan para awak kapal dan peralatannya.
3.Sebuah
kapal yang akan menjalani docking perlu mempersiapkan danmerencanakan tender
docking dan reparasi. Jelaskan secara singkat apa sajaisi dari tender docking
dan reparasi tersebut.
?
Jawab :
•
General particulars.
•
General condition
•
Standar price
•
General service
•
Specification of work
•
Lampiran :
→
Docking plant
4.Apakah yang di maksud dengan perusahaan pelayaran
yang menjalankantransportasi laut.?
jawab
:Perusahaan pelayaran
yang menjalankan transportasi laut adalah :
Badan usaha atau
bisnis untuk mendapatkan profit
•
Secara ekonomis harus
mampu menunjang kebutuhan sendiri
•
Bisnis utamanya
adalah industri jasa
•
Selalu melibatkan
sarana angkutan laut
•
Usaha yang memiliki
tingkat spesialisasi tinggi
•
Sangat tergantung
pada jenis pengalaman tertentu
•
Investasi bernilai
tinggi bagi setiap orang yang terlibat
5.a.Jelaskan fungsi –
fungsi manajemen menurut George R Terry.
c.Berikan
contoh dalam pelaksanaan tugas di kamar mesin pada tiapfungsi manajemen
tersebut di atas.
Jawab :a.Fungsi – fungsi manajemen menurut George R
Terry.
•
Planning
adalah
penentuan serangkaian tindakan untuk mencapaisuatu hal yang diinginkan.
•
Organizing
adalah
pengelompokan kegiatan yang di perlukan yaknipenetapan susunan organisasi serta
tugas dan fungsi fungsi dari setiap unityang ada dalam organisasi serta menetapkan
kedudukan dan sifat hubunganmasing – masing unit tersebut.
•
Actuating
adalah
kegiatan yang perlu dilakukan oleh bawahanuntukmelakukan kegiatan kegiatan
didalam berorganisasi.
•
Controlling
adalah
Suatu fungsi manajemen yang berupamengadakan penilaian dan sekaligus bila
perlu mengadakan koreksi sehinggaapa yang
sedang dilakukan bawahan dapat diarahkan kejalan yang benardengan maksud
mencapai tujuan yang sudah di gariskan semula.b.Contoh
dalam pelaksanaan tugas dikamar mesin pada tiap fungsi manajemendiatas.
•
Planning ;
Sebelum melakukan
suatu kegiatan perawatan terlebih dahulu di buatkerangka rencana kerja (
Working plan ) seperti jika akan mencabut pistonmesin induk sebelum kapal tiba
di pelabuhan sudah di buat rencanakerjanya.
•
Organizing ;
Menyusun
/ menunjuk siapa saja yang akan mengerjakan ( Team Work )pekerjaan yang telah
di rencanakan diatas.
•
Actuating ;
Memberi arahan atau
menjelaskan pekerjaan yang akan di kerjakan dan carapengerjaanya.
•
Controlling ;
Mengawasi
dan sekaligus memimpin jalannya pekerjaan yang sedang dilakukan untuk
menghindari kesalahan dalam pekerjaan.
1.Jelaskan
apa yang dimaksud dengan ;
a.Perawatan
pencegahan.
b.Perawatan
koreksi.
c.Perawatan
prediksi.
Jawab :
a.
perawatan
pencegahan
adalah
kegiatan berulang – ulang agar alatproduksi dapat
berfungsi dengan efisien dan ekonomis sesuai denganspesifikasi dan kemampuan
awal dengan biaya operasi dan perawatanserendah – rendahnya.
b.
Perawatan koreksi
adalah
studi dari krusakan yang berulang – ulang atasalat produksi untuk
menentukan sebab dan upaya agar kerusakan tidakterulang lagi.
c.
Perawatan
prediksi
adalah
kegiatan pemantauan alat produksi dengansensor mikroprosesor yang dapat
mendeteksi gejala kerusakan secara dini.
2 . Cara pemesanan suku cadang dari atas kapal ada 2 ( Dua ) macam cara.
Sebutkan kedua macam
cara tersebut dan jelaskan.
Jawab :
a.Permintaan
dikirim keperusahaan dengan prosedur mengisi formulirpermintaan
/ pesanan pembelian, yang dibuat oleh nakhoda / kepala kamarmesin / mualim
I. Dalam salinan 4
rangkap yang didistribusikan ke :
Asli ke pemasok
•
Salinan keperusaahan
pelayaran
Salinan
dikapal yang disimpan sementara di file “Sedang dipesan”sesudah menerima suku
cadang salinan ini dikirim keperusahaan.
Salinan arsip kapal.
b.Telegram
atau telex keperusahaan. Formulir pesanan / pembelian akan diisioleh perusahaan. Jika
suku cadang sudah dipakai dan mencapai titik pesanansehubungan dengan perbaikan
atau perawatan segera disiapkan permintaanpembeliannya Nomor kode dan nomor
suku cadang ,sedangkan nomor sukucadang maupun jumlah yang dibutuhkan
dituliskan dalam formulir yang ada.
Mengawasi dan sekaligus memimpin jalannya
pekerjaan yang sedang dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam
pekerjaan.
ada kenalan welder / tukang las dengan sertifikat abs / gl / lrs/ nk/ ri gk pak?
BalasHapus