Pengertian Injection Pump (Pompa Injeksi)
Sebuah Pompa Injeksi adalah perangkat yang memompa bahan
bakar ke dalam silinder sebuah mesin diesel. Secara tradisional, pompa
digerakkan tidak langsung dari poros engkol dengan roda gigi, rantai atau sabuk
bergigi (sering timing belt ) yang juga menggerakkan camshaft . Berputar pada
setengah kecepatan poros engkol dalam konvensional mesin empat-stroke . Sistem
ini diatur sedemikian rupa sehingga bahan bakar yang disuntikkan hanya sangat
sedikit. Hal serupa juga terjadi untuk sabuk pompa pada mesin bensin akan
didorong langsung dari camshaft. Dalam beberapa sistem tekanan injeksi hingga
200 Mpa
Karena kebutuhan untuk Pompa Injeksi sangat tekanan tinggi
dan efek terhadap lingkungan yang sangat berbahaya, maka banyak Produsen
mengembangkan system terbaru dengan tekan injeksi yang dapat ditekan hingga
15.000 psi (100 MPa).
Oleh karena itu dibutuhkan kewaspadaan yang cukup tinggi
untuk berhati-hati dalam menggunakan produck dengan tekanan yang cukup tinggi.
Keluarnya bahan bakar saat terjadi tekanan akan dengan mudah dapat menembus
kulit dan pakaian, kemudian msuk ke jaringan tubuh dengan konsekuensi medis
cukup serius
PRINSIP KERJA SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL
Pada mesin diesel hanya udara bersih yang dihisap dan
dikompresikan. Bahan bakar dan udaradicampur di dalam silinder dengan cara
setelah udara dikompresikan, bahan bakar disemprotkankedalam ruang bakar
sehingga terjadi pembakaran. Persyaratan tekanan udara kompresi 1,5-4Mpa (15-40
bar) sehingga temperatur udara naik 700-900oc. Bahan bakar harus dikabutkanhalus,
oleh pompa injeksi pada tekanan (100-250 bar)
Ada dua cara penyemprotan bahan bakar kedalam ruang bakar
yaitu injeksi langsung dimana injection nozzle
menyemprotkan bahan bakar langsung keruang bakar utama (main
combustionchamber) pada akhir langkah kompresi. Udara tertekan dan menerima
pusaran cepat akibatnya suhu dan tekanannya naik bahan bakar cepat menguap dan
menyala dengan sendirinya setelahdi semprotkan.
Cara menyemprotan yang kedua ialah injeksi tidak langsung
dimana bahan bakar disemprotkan oleh injection nozzle
ke kamar depan (precombustion chamber) . Udara yang
dikompresikan olehtorak memasuki kamar pusar dan membentuk aliran turbulensi
ditempat bahan bakar yangdiijeksikan. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum
terbakar akan mengalir ke ruang bakarutama melalui saluran transfer untuk
menyelesaikan pembakaran.
Pada sistem bahan bakar mesin diesel, feed pump menghisap bahan bakar dari tangki
bahanbakar. Bahan bakar disaring oleh
fuel filter dan kandungan air yang terdapat pada bahan bakardipisahkan
oleh fuel sedimenter sebelum dialirkan
ke pompa injeksi bahan bakar. Dari pompainjeksi Selanjutnya
melalui pipa injeksi bahan bakar dialirkan ke injektor untuk diinjeksikan
keruang bakar. Ada dua tipe pompa
injeksi pada sistem bahan bakar diesel yaitu pompa injeksi in-linedanpompa
injeksi distributor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar