Senin, 13 Mei 2013

pembahasan soal Teknika dan Nautika




1.Apa tujuan dari dilaksanakannya manajemen perawatan di kapal!
Untuk menghasilkan suatu alat pengelola yang lebih baik dalam peningkatan keselamatan para awak kapal dan peralatannya

2.Hal hal apa saja pada saat pemeriksaan mingguan di kapal berkaitan dengan
a.keselamatan:latihan sekoci penolong ,latihan pemadaman kebakaran man over boad
b.kesehatan:kebersihan dapur,kebersihan ruang gang room
c.dan lindungan lingkungan:pembakaran sampah dengan menggunakan incinerator,pengetesan oilwater separator (ows)

3.Gambarkan  sketsa dari piramida informasi dalam tugas sebagaimana diterapkan pada fungsi manajemen armada!

4. Organisasi perawatan merupakan tanggung jawab manajer armada dan nahkoda/kkm,terangkan tugas tugas manajer armada dan nahkoda!
Tugas manajer armada
-Memelihara agar kapal layak laut,ABK lengkap dan diperlengkapi serta siap berlayar dilaut dan menerima muatan
-menyediakan anggaran belanja untuk pemeliharaan dan perawatan
Tugas nahkoda
-menjamin kelaik lautan kapal
-menjaga muatan kapal
-menjamin bahwa perawatan yang tepat telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan anggaran belanja

5.Tuliskan dan jelaskan tentang perawatan kapal yang memakai system perawatan “HOME DOCTOR” system! berikan tanggapan saudara atas system ini!
“HOME DOCTOR”suatu system perawatan dimana perawatan dan perbaikan mesin dan perawatan kapal yang dilakukan oleh tehnition dari darat digunakan jika pihak kapal sudah tidak mampu melaksanakan perbaikan tersebut untuk peralatan dan permesinan khusus yang harus diperiksa dan diperbaiki teknisi darat



1.Mesin diesel di kapal (marine engine) mempunyai perbedaan dengan mesin diesel yang dipakai di daratan(konvensional).Prinsip kerja mesin diesel baik didarat maupun dikapal sama saja dari segi apakah perbedaan mesin diesel di kapal dan didarat?
1.material mesin diesel dikapal
2.operasional mesin diesel dikapal
3.penempatan dan penataan mesin kapal(arrange of install)

2. Jenis mesin mesin yang terdapat di sebuah kapal dibagi atas 3 kelompok,sebutkan!
-motor induk/main engine
-generator set/genset kapal
-pesawat bantu/alat bantu kapal

3.Apakah fungsi dari pompa sanitary?
Pompa air laut/tawar untuk mencukupi kebutuhan lainnya seperti dapur,kamar mandi,wc dsb

4. Sebutkan prinsip kerja langkah dari mesin 4 tak!
-langkah hisab(suction stroke)
-langkah pengampatan(compretion stroke)
-Langkah usaha(expansion stroke)
-langkah pembuangan(exhause stroke)

5.Didalam perlengkapan ketel uap(boiler fitting)terdapat standar yang harus ada didalam drum uap (internal fitting),sebutkan fungsi masing masing!
a.INTERNAL FEED PIPE:pengisian air ketel di dalam drum
b.INTERNAL BLOW PIPE:pipa peniup kolom yang ada di drum
c.BEFFES:pelindung/penyekat
d.DRAY PIPE:pipe pengering
e.DESUPER HEATER:menurunkan intelpi uap



1.Tahap tahap apa saja yang harus disiapkan oleh kamar mesin dalam Rencana pelayaran (Voyage Planning)
-tahap persiapan semua mesin
-tahap pemilihan rute
-tahap perencanaan jam berangkat
-tahap pelaksanaan dan monitoring rencana pelayaran

2.Sebutkan macam macam dinas jaga diatas kapal!
Dinas jaga mesin,dinas jaga laut,dinas jaga navigasi,dinas jaga pelabuhan

3.Sebutkan contoh jenis  jenis keadaan darurat yang terjadi dikapal!
Kapal terbakar atau meledak,kapal tubrukan,kapal kandas,kapal bocor, kapal tenggelam

4.Dalam keadaan darurat dilaut hal hal yang perlu diperhatikan agar dapat bertahan hidup lebih lama dan memungkinkan penyelamatan maka prinsip prinsip yang harus dilakukan adalah…
 1.optimis dan termotivasi
2. jangan panik
3.prosedur yang benar
4.hindari terjun kelaut
5 memakai pakaian tebal
6hemat tenaga dan makanan

5.Sebutkan jenis jenis alat penolong sesuai dgn Safety of live at the sea (SOLAS)1974 yang harus  berada diatas kapal
Sekoci penolong,rakit penolong,pelampung penolong,rompi penolong,alat  alat apung,alat alat pelempar tali,isyarat tanda bahaya,alat penurun sekoci dan tangga embarkasi




1.Apakah fungsi dari Nozzle injection pada mesin Diesel?
Jwb:Menerima bahan bakar bertekanan tinggi dan menginjeksikan kedalam ruang  pembakaran

2.Sebutkan komponen komponen pendukung utama dalamsistem starter kapal?
Jwb Kompresor,separator,main air receiver,reducing valve,reducing station

3.Tuliskan rincian ketel uap untuk kebutuhan operasi dan keselamatan ketel disertai penjelasan tertulis fungsi dari peralatan tersebut berdasarkan undang undang uap
Jwb
1.Gelas penduga :untuk mengetahui permukaan air didalam ketel
2.manometer :untuk menunjukkan tekanan uap dalam ketel
3.kran spoi:untuk mengeluarkan air ketel dengan tekanan uap dari ketel

4. Sebuah ketel pipa air dgn randemen ketel  = 68% tanpa ekonomizer dgn suhu gas cerobong = 400˚, ternyata ketel ini dinilai kurang efisien, maka utk mengefisienkan ketel ini pada aliran gas bekas menuju cerobong dipasangkan ekonomizer, sehingga 40% dari panas yg hilang ke cerobong di serap ekonomizer, utk itu ditanyakan;
A. suhu gas cerobong, randemen ketel dan perbaikan randemen ketel.
B. Panas yg diserap oleh ekonomizer dlm persen  (No)
C. penghematan konsumsi BBM pada pemakaian uap yg sama dlm persen
D. kenaikan produksi uap dlm persen pada pemakaian B bakar yg sama           

 Dik:
    ή.ketel  = 68%  ( tanpa ekonomizer )
    temperatur cerobong = 400˚C
    dinilai kurang efisien, dipasang economizer 40% panas cerobong diserap economizer.
    Ditanya :                                     
A.      ­ suhu gas cerobong ?
  ­ ή. Ketel ?
  ­perbaikan ή ketel ?
 B. Pans yg diserap oleh ekonomizer dlm persen  (No) ?
 C. penghematan konsumsi BBM pada pemakaian uap yg sama dlm persen ?
 D. kenaikan produksi uap dlm persen pada pemakaian B bakar yg sama ?
            
JAWABAN
A.      Q diserap pemanas air  = G x Cp x ( t1 – t)
 No
           ή ketel    = Kp ( h ul – h air )
                                     No
 ή ketel tanpa eco = 68%


1.       ή Ketel = 68 % tidak ada keterangan lain.
               Maka Q keluar cerobong  = 100 % - 68 %
                                           = 32 %
               Panas yang diserap ekonomiser:
              40 % x 32 % = 12 . 8 %
2.       Maka  perbaikan ή ketel       = 68 % + !2,8 % = 80,8 %
3.       Maka suhu gas cerobong       = 400 – ( 12,8  %x 400 )
             = 400 – 51,2
             = 348,8 0C
B.Panas yang diserap Ekonomise r    = 40%X32   = 12,8%              
C.Penghematan BBM  pada pemakaian uap =40%x 32% =12,8 %
D.Kenaikan produksi UAP pd pemakian BBM yg sama=40%x 32%=12,8 %





Tidak ada komentar:

Posting Komentar